Cara Membuat Rencana Pemasaran Katering, Ditambah 10 Ide Inovatif

Cara Membuat Rencana Pemasaran Katering, Ditambah 10 Ide Inovatif

Membuat rencana pemasaran katering yang efektif sangat penting untuk kesehatan bisnis berbasis makanan yang di review oleh situs demo slot indonesia. Menurut survei pemasaran bisnis kecil oleh Clutch, 47% pemilik mengambil pendekatan DIY untuk membuat, mempromosikan, dan meningkatkan merek mereka. Untuk melakukan ini (dan melakukannya dengan baik), pemilik bisnis katering harus memiliki rencana serangan yang solid.

Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang memiliki anggaran pemasaran terbatas sebesar $10.000 atau kurang, yang dianggap kecil hingga tidak ada menurut standar industri. Tapi tidak perlu khawatir! Dengan alat dan strategi yang tepat, Anda akan dapat membuat dan menjalankan rencana pemasaran katering yang sangat efektif.

Cara Membuat Rencana Pemasaran Katering dalam 6 Langkah Sederhana

Jika Anda ingin tahu cara membuat rencana pemasaran untuk bisnis katering, pertama-tama Anda harus meninjau beberapa ide gambaran besar. Bagi mereka yang telah menulis rencana bisnis mereka sendiri di masa lalu, Anda akan memiliki informasi itu berguna untuk latihan berikut. Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis atau menyadari bahwa rencana bisnis Anda saat ini mungkin sudah usang, selesaikan langkah-langkah berikut.

1. Tetapkan Sasaran Pemasaran

Untuk bisnis katering, eksposur adalah kuncinya. Tetapi eksposur bisa sulit diukur, terutama jika saat ini Anda tidak menggunakan platform manajemen bisnis yang cerdas. Alih-alih, fokuskan tujuan pemasaran Anda pada apa yang dapat Anda rekam, pantau, dan nilai dengan mudah.

Mengikuti filosofi ini, sebagian besar bisnis katering berhasil menggunakan target penjualan untuk menentukan tujuan pemasaran mereka. Hitung rata-rata penghasilan Anda saat ini per minggu. Mundur sejauh mungkin untuk mendapatkan gambaran yang akurat. Kemudian tetapkan tujuan pendapatan jangka panjang dan pendek. Selama Anda membuatnya realistis, tujuan-tujuan ini akan membantu memandu rencana Anda.

2. Temukan Target Audiens Anda

Semua orang suka makanan, kan? Meskipun sebagian besar benar, bisnis katering harus berhati-hati dalam hal bagaimana mereka menghabiskan anggaran pemasaran mereka. Mencoba menarik siapa pun dan semua orang dengan pemasaran Anda adalah cara yang pasti untuk membuang sumber daya berharga Anda.

Sebuah alternatif untuk pendekatan ini adalah untuk mendapatkan sespesifik mungkin dengan mendefinisikan pelanggan ideal Anda. Apakah Anda lebih suka melayani acara perusahaan atau pesta pribadi, jarak jauh atau di tempat, makanan bebas gluten atau makanan jiwa, audiens Anda pada akhirnya akan menentukan apa yang Anda pasarkan dan bagaimana Anda menyampaikannya.

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi audiens yang tepat. Buat spreadsheet untuk mengumpulkan informasi berikut tentang setiap pelanggan individu:

  • Rentang usia umum
  • Di mana mereka berada?
  • Jenis acara apa yang biasanya mereka rencanakan?
  • Seberapa sering mereka mengadakan acara
  • Minat khusus (seperti vegan atau halal)
  • Layanan makanan yang mereka tanyakan?
  • Layanan makanan yang akhirnya mereka pesan?
  • Total faktur akhir mereka

Jangan ragu untuk menambahkan detail lain seperti hobi, pengalaman karier, atau apa pun yang masuk akal bagi Anda dan model bisnis Anda. Setelah Anda mengumpulkan data ini, cari polanya. Kemudian gunakan pola tersebut untuk membangun persona target dan menciptakan pemasaran yang mereka sukai.

3. Tentukan Keunggulan Kompetitif Anda

Setiap bisnis harus memiliki faktor “wow” yang membantu mereka menonjol dari keramaian. Bukan rahasia lagi bahwa persaingan di industri makanan sangat ketat. Tetapi bagaimana Anda memilih untuk mendefinisikan bisnis Anda akan sangat membantu dalam membuat rencana pemasaran katering Anda.

Khususnya untuk bisnis katering, ada beberapa area utama yang dapat Anda pilih untuk benar-benar menonjol:

Nilai jual yang unik. Apakah Anda menawarkan pengiriman ke rumah? Atau apakah bisnis katering Anda merupakan pop-up rahasia yang hanya dapat ditemukan oleh tamu melalui Instagram? Apa pun hal Anda, dorong sudut itu dalam pemasaran Anda.
Proses inovatif. Contohnya termasuk cara kreatif membuat makanan Anda – pikirkan seniman es krim hidrogen yang menghibur atau koki hibachi. Memiliki proses yang inovatif juga bisa berarti menemukan cara untuk membuat makanan yang sama lebih baik, lebih cepat, dan lebih hemat biaya daripada katering lainnya.
Sedikit tepi. Sementara beberapa strategi pemasaran terbaik difokuskan pada Anda dan bisnis Anda, area yang satu ini bergantung pada membandingkan diri Anda dengan pesaing. Jika semua bisnis katering pesaing Anda menawarkan tiga hal yang sama, apakah ada cara untuk menambahkan opsi keempat? Atau meningkatkan apa yang sudah ada di luar sana?
Bahkan tidak harus berhubungan dengan makanan. Pemesanan yang lancar dan terorganisir dengan baik, pembuatan menu, dan proses pembuatan faktur mungkin merupakan hal yang diinginkan oleh target pasar Anda.

4. Pertimbangkan Pemasaran Lokal

Pemilik usaha kecil harus selalu mempertimbangkan pelanggan yang dapat mereka tarik di lingkungan mereka sendiri. Ketika mengacu pada pemasaran lokal, yang kami maksud adalah kampanye digital dan offline. Ada banyak cara kreatif untuk memasarkan bisnis katering Anda secara lokal, tetapi berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai:

  • Perbarui SEO situs web Anda untuk memasukkan kata kunci yang menggunakan lokasi Anda.
  • Bentuk kemitraan strategis dengan bisnis pelengkap seperti studio seni atau pusat konvensi.
  • Selenggarakan acara Anda sendiri untuk penduduk setempat sehingga mereka mendapat kesempatan untuk menikmati makanan Anda dan mungkin mendapatkan diskon pada pesanan pertama mereka hanya untuk hadir.
    Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya kemungkinan yang tersedia di luar pintu depan Anda. Pemasaran lokal dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk membangun jaringan Anda terlepas dari berapa lama Anda telah menjalankan bisnis.

5. Segarkan Merek Katering Anda

Jika bisnis katering Anda telah ada untuk sementara waktu, mungkin sudah saatnya untuk melihat kembali merek Anda. Gambar keseluruhan Anda mungkin bersandar pada pesan tertentu di masa lalu. Tetapi sekarang setelah bisnis katering Anda tumbuh dan berkembang, branding Anda harus mengikutinya.

Evaluasi kembali elemen seperti logo Anda, warna merek, kehadiran digital (termasuk situs web dan profil media sosial Anda), dan tempat lain nama bisnis Anda berada.

Apakah itu memenuhi standar industri saat ini? Apakah itu membuat Anda menonjol dengan cara yang baik? Apakah itu mewakili ke mana arah bisnis katering Anda, bukan dari mana asalnya? Semua pertanyaan ini dan lebih banyak lagi berguna saat memberi merek Anda perubahan.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menyegarkan merek Anda:

  • Sewa desainer grafis lokal untuk memperbarui logo Anda
  • Perbarui situs web Anda menggunakan Cvent Flex
  • Tambahkan item musiman ke opsi menu Anda
  • Cobalah menyusun paket bertema (pikirkan brunch klasik atau bar roti panggang alpukat untuk kerumunan Milenial)
  • Tinjau kembali pernyataan misi Anda. Tulis ulang kisah perusahaan Anda menjadi sesuatu yang autentik pada iterasi terbaru ini.
  • Anda bahkan mungkin merasa sangat menyukai merek Anda dan itu menggambarkan bisnis Anda secara akurat seperti sekarang. Jika itu masalahnya, jangan ubah apa pun! Ingatlah untuk menjadwalkan interval reguler untuk check-in merek sehingga Anda akan selalu mendapatkan informasi terbaru.

6. Tetapkan Anggaran Pemasaran

Berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk pemasaran? Untuk katering dan pemilik usaha kecil lainnya, ini adalah panggilan yang sulit. Anggaran pemasaran Anda harus mencakup apa yang Anda belanjakan untuk iklan sehari-hari (seperti posting media sosial berbayar) serta kampanye jangka panjang.

Meskipun pilihannya sangat pribadi, Administrasi Bisnis Kecil telah memberikan aturan praktis yang baik. Untuk sebagian besar bisnis katering, anggaran pemasaran harus 7-8% dari total pendapatan tahunan. Dan jika Anda baru memulai, ingatlah bahwa persentase ini juga mencakup apa yang harus Anda belanjakan untuk hal-hal seperti pembuatan situs web dan jaminan penjualan.

Berapa pun anggaran Anda, ada banyak cara kreatif untuk memasarkan bisnis katering Anda. Berikut adalah beberapa favorit kami.

Jelajahi ide pemasaran katering

1. Bergabunglah dengan Asosiasi Katering Profesional

Organisasi katering akan sering menyertakan lokakarya bermanfaat tentang pemasaran, penjualan, dan manajemen bisnis. Mereka juga akan menawarkan peluang jaringan yang unik dengan klien potensial. Tiga asosiasi katering terbesar dan paling terkenal adalah National Association for Catering and Events, International Caterers Association, dan Association of Club Catering Professionals.

2. Bekerjasama dengan Pembuat Konten

Pembuat konten termasuk tetapi tidak terbatas pada influencer media sosial, blogger, dan podcaster. Semua grup ini memiliki merek dan fokus materi pelajaran mereka sendiri. Bermitralah dengan mereka yang paling selaras dengan upaya pemasaran Anda sendiri sehingga Anda menarik kelompok orang baru yang mungkin tertarik dengan layanan katering Anda.

Berikut cara menemukan orang yang tepat untuk mempromosikan merek Anda:

BuzzSumo. Alat pencarian sederhana ini memungkinkan Anda mencari influencer berdasarkan topik atau domain dan paling baik untuk menemukan pembuat konten baik di dalam maupun di luar media sosial.

jelas. Temukan influencer untuk niche apa pun di Instagram, YouTube, dan blog.
Podbay.fm. Meskipun mereka terutama berfungsi sebagai cara untuk mendengarkan podcast dari semua platform yang berbeda, Podbay memberi peringkat podcast berdasarkan popularitas berdasarkan genre. Cari acara terkait makanan yang sering memasang layanan katering di wilayah Anda.

3. Pantau Situs Tinjauan Online

Yelp, Wedding Wire, dan Cater Cow hanyalah beberapa situs web yang dikunjungi pelanggan sungguhan untuk mengulas bisnis Anda. Pastikan Anda menanggapi semua ulasan (baik yang positif maupun yang tidak terlalu positif) dengan cara yang sopan dan ramah. Luangkan juga waktu untuk mengedit profil Anda agar terlihat sebersih dan up to date mungkin.

4. Tambahkan Perusahaan Anda ke Direktori Online

Ada direktori yang fokus pada katering vegan, katering berdasarkan area, pemesanan makanan katering online, apa saja. Luangkan waktu untuk menambahkan diri Anda ke semua orang yang menawarkan layanan ini secara gratis. Semakin banyak tempat nama bisnis Anda ada secara online, semakin baik. Terutama jika Anda dapat mengontrol kesan pertama audiens Anda dengan deskripsi informatif dan info terorganisir.

Berikut adalah beberapa direktori katering online yang harus Anda pertimbangkan:

  • siapa yang melayani
  • Bahan untuk dipikirkan
  • Makanan411

5. Gunakan Media Sosial

Meskipun memakan waktu, media sosial selalu menjadi pilihan yang bagus untuk katering atau jenis usaha kecil lainnya untuk mendapatkan nama mereka di luar sana. Bersiaplah untuk melakukan investasi awal yang besar untuk hal-hal seperti mengatur profil Anda, menemukan akun untuk diikuti, dan melakukan kesibukan sehari-hari dalam berinteraksi di platform.

Untuk bisnis katering, pastikan Anda setidaknya mempertimbangkan untuk menambahkan profil ke masing-masing situs berikut:

  • Facebook. Terhubung dengan teman, keluarga, dan kenalan untuk memesan acara dengan orang-orang yang benar-benar mengenal Anda. Minta mereka meninggalkan ulasan di halaman bisnis Anda dan berbagi pembaruan tentang opsi menu terbaru dan acara yang disorot.
  • Instagram. Foto dan video dari pesta yang menampilkan makanan lezat Anda akan membantu lebih banyak orang menemukan Anda. Anda juga dapat memberi geotag pada setiap pos agar lebih mudah ditemukan oleh perencana acara di dekat Anda.
    Pinterest. Perencana acara adalah sumber utama bisnis katering. Dan perencana acara di setiap industri menyukai Pinterest, itulah sebabnya berbagi konten di platform ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak perhatian pada merek Anda.
    LinkedIn. Jika Anda lebih tertarik untuk memenangkan klien korporat, pastikan untuk membuat halaman perusahaan dan pribadi untuk berinteraksi dengan prospek B2C dan B2B.
  • Media sosial adalah pendekatan jangka panjang yang bagus untuk pemasaran. Berikut adalah beberapa ide media sosial untuk bisnis acara yang dapat Anda terapkan pada bisnis katering Anda.

6. Pemasaran Acara Langsung

Selain menjadi tuan rumah acara mencicipi Anda sendiri untuk penduduk setempat seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda selalu dapat bergabung dengan bisnis lain untuk memamerkan barang Anda. Toko anggur, tempat melukis di atas tembikar, dan butik perhiasan dapat ditemukan di sebagian besar lingkungan. Dan kemungkinan besar mereka akan menyukai kesempatan untuk menarik pelanggan baru dengan pertemuan khusus. Anda bahkan dapat menggunakan testimonial mereka untuk perangkat pemasaran Anda.

7. Tingkatkan SEO Anda

Anda harus membuat website Anda sebagai mesin pencari ramah mungkin. Ini akan membantu Anda lebih dekat ke bagian atas hasil pencarian dan mendapatkan lebih banyak perhatian di halaman Anda. Memulai blog yang berisi ulasan dari acara sebelumnya, kiat memasak, dan layanan unggulan hanyalah salah satu dari banyak cara hebat untuk membangun SEO Anda. Anda juga harus mempertimbangkan untuk memperbarui cuplikan kaya, metadata halaman web, dan kepadatan kata kunci Anda di berbagai area situs web Anda.

8. Coba Pemasaran Video

Pemasaran video adalah cara yang sangat efektif dan visual untuk memamerkan menu lezat Anda. Buat tutorial resep yang menggugah selera atau bagikan klip saran praktis tentang cara memilih perusahaan katering terbaik untuk acara Anda berikutnya. Setelah selesai, Anda dapat mempromosikan konten Anda di buletin email, di situs web Anda, dan di media sosial.

9. Jadikan Situs Web Anda Lebih Efektif

Situs web katering Anda lebih dari sekadar kartu nama digital. Ini adalah alat penjualan yang kuat. Setiap elemen situs Anda harus fokus pada konversi prospek. Beri mereka banyak cara untuk memesan layanan Anda dengan CTA yang ditempatkan dengan baik. Bersihkan kehadiran digital Anda dan permudah klien baru untuk bekerja sama dengan Anda menggunakan ide pengoptimalan situs web acara kami.

Kunci untuk memilih ide pemasaran katering yang efektif adalah melakukan apa yang benar untuk bisnis unik Anda. Juga perlu diingat bahwa tidak apa-apa untuk bereksperimen. Setelah Anda menemukan sesuatu yang berhasil, pertahankan dan buang sisanya.

10. Fokus pada bisnis yang berulang.

Menurut RJ Metrics, bisnis menghasilkan 300% lebih banyak pendapatan mereka dari pelanggan tetap daripada yang mereka hasilkan dari satu kali atau klien pertama kali. Jadi, jika Anda baru memulai bisnis katering, cobalah salah satu taktik berikut untuk mendapatkan (dan mempertahankan) basis pelanggan Anda:

  • Menawarkan diskon ketika pelanggan membayar deposit untuk lebih dari satu acara pada waktu yang sama. Tarif diskon standar untuk penawaran khusus katering adalah diskon 10%.
  • Buat daftar email tersegmentasi berdasarkan frekuensi pemesanan (sekali setahun/liburan/dll.) dan acara (makan siang perusahaan/pesta ulang tahun/dll.). Kirimkan setiap grup pesan khusus dengan kiat khusus acara gratis yang menurut mereka berguna. Pastikan juga untuk mengatur waktu pengiriman email dengan benar (tiga hingga enam bulan sebelum pesta Tahun Baru tahunan, satu bulan sebelum pesta ulang tahun berikutnya, dll.).
  • Selenggarakan pesta untuk pelanggan Anda yang paling setia. Perlakukan mereka dengan minuman gratis dan biarkan mereka mencicipi item menu terbaru Anda. Beri mereka paket atau diskon eksklusif jika mereka memesan acara berikutnya dengan Anda pada malam yang sama.