16 Strategi Hebat Untuk Memulai Bisnis Katering yang Sukses

Bisnis katering adalah salah satu bisnis yang disukai banyak orang. Apalagi sekarang, memulai bisnis katering tidak harus memiliki modal yang cukup besar. Bahkan dengan modal kecil, ternyata Anda bisa memulai bisnis katering. Namun tentu saja ada beberapa cara untuk memulai bisnis katering bagi Anda yang ingin mencobanya.

Salah satu alasan bisnis Catering adalah bisnis yang akan terus ada karena kebutuhannya yang terus meningkat. Jadi, bisnis katering adalah bisnis yang cocok untuk Anda yang ingin mulai fokus pada kewirausahaan. Dan jika Anda bingung tentang di mana memulai bisnis ini dan bagaimana memulai bisnis katering, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menentukan jenis katering

Cara pertama untuk memulai bisnis katering adalah menentukan jenis katering yang ingin Anda fokuskan. Ini penting mengingat ada beberapa jenis katering yang tentu saja memiliki target pasar sendiri. Jenis katering adalah:

a. Katering Khusus

Katering khusus adalah jenis katering besar di mana ia akan menangani acara besar atau khusus seperti keselamatan atau pernikahan. Salah satu hal yang membedakan katering khusus ini dari katering lain adalah porsi makan yang besar dan juga biasanya menggunakan sistem prasmanan dalam menyajikan makanan.

b. Katering Kantor

Tidak jauh berbeda dengan katering khusus, hanya saja kantor katering biasanya menangani acara kantoran saja. Sistemnya juga lebih beragam, mulai dari prasmanan atau nasi kotak.

c. Katering Rumah

Katering berbasis rumah adalah katering yang hanya menangani pesanan dalam jumlah terbatas. Biasanya katering ini hanya melayani jumlah pesanan hingga 150 porsi dengan sistem kotak. Katering rumah ini dapat ditemukan di acara-acara rumah seperti keselamatan atau pertemuan sosial.

d. Katering Anak

Tujuan dari katering anak adalah untuk menyiapkan makanan sehat untuk anak-anak. Katering ini bertugas untuk memberikan layanan makanan sehat yang ditujukan untuk anak-anak.

2. Persiapan modal

Modal adalah kepastian yang harus Anda persiapkan setiap kali ingin memulai bisnis. Baik dalam bentuk modal finansial atau modal mental. Modal ini sangat penting karena terkadang jumlah modal itulah yang menentukan jumlah laba yang akan diperoleh.

Modal finansial, misalnya. Modal finansial adalah salah satu modal paling pusing oleh banyak pelaku bisnis. Karena bagi sebagian orang, modal finansial adalah modal yang cukup sulit diperoleh. Terutama untuk memulai bisnis katering di mana modal keuangan yang dibutuhkan sangat bervariasi tergantung pada jenis katering yang ditempati.

Meskipun modal finansial adalah variasi, tetapi modal masih diperlukan untuk mendapatkan bahan dasar dari makanan atau peralatan untuk mendukung bisnis katering ini. Variasi dalam modal tergantung pada apakah suatu porsi dipesan atau tidak.

Berikut ini adalah ilustrasi modal keuangan bisnis katering ini:

a. Tentu saja jumlah peralatan masak yang dibutuhkan ditentukan oleh jumlah pesanan. Selain itu, variasi makanan juga akan menentukan apakah berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk memesan dapat dilayani. Mungkin untuk tahap awal, kebutuhan modal untuk peralatan ini bisa dikurangi dengan menggunakan peralatan pribadi di rumah. Tetapi jika Anda ingin fokus, tentu saja Catering membutuhkan peralatan khusus yang hanya bisa digunakan untuk keperluan katering. Peralatan yang dimaksud dalam poin ini dapat berupa peralatan memasak, bumbu, dan lainnya.

b. Transportasi sangat penting agar pesanan Anda tiba dengan cepat. Sama seperti peralatan masak, jika katering Anda masih dalam skala kecil, mungkin Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat mobilisasi. Tetapi ketika katering Anda mendapat pesanan yang lebih besar, tentunya Anda akan membutuhkan alat transportasi untuk memfasilitasi mobilisasi.

c. Kekuasaan adalah salah satu modal yang dimiliki setiap orang. Namun sebenarnya jangan menggunakan bantuan orang lain jika katering Anda sudah mendapat banyak pesanan itu bisa terjadi. Jika Anda baru memulai bisnis ini, Anda mungkin dapat menggunakan energi pribadi untuk dapat menangani pesanan makanan yang masuk. Tetapi ketika pesanan sudah mulai banyak, Anda pasti akan membutuhkan bantuan orang lain.

3. Siapkan keterampilan

Keterampilan yang sebenarnya masuk ke modal selain uang. Modal keterampilan yang dimaksud dapat berupa modal memasak atau keterampilan manajemen.

Bentuk keterampilan memasak modal bisa dalam bentuk menciptakan rasa unik untuk katering Anda. Karena seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini, orang mulai menyukai hal-hal yang berbau unik. Jadi jangan heran jika sewaktu-waktu Anda makan di luar dan melihat makanan sederhana tetapi dijual dengan harga tinggi karena tampilan dan rasanya yang unik.

Selain modal keterampilan, modal manajemen adalah salah satu modal yang sangat penting dalam kewirausahaan. Seperti misalnya dalam mengelola keuangan, peralatan, waktu kerja, transportasi, atau pekerjaan. Manajemen adalah tentang peraturan atau sistem. Tanpa aturan dan sistem ini, pasti bisnis Anda tidak akan berjalan sesuai keinginan Anda.

4. Mencari Pemasok

Pemasok adalah hal penting lain yang harus Anda dapatkan jika ingin melakukan bisnis katering. Mengapa? Karena dengan pemasok ini, Anda bisa mendapatkan kebutuhan katering Anda dengan harga lebih murah.

Untuk mendapatkan pemasok ini cukup mudah. Anda hanya perlu menemukan tempat penjualan, misalnya makanan pokok, yang lengkap dan kemudian melakukan pendekatan emosional kepada pemiliknya. Dengan pendekatan ini, diharapkan Anda akan menjadi lebih akrab dengan pemilik dan pemilik atau pemasok akan memberikan harga yang lebih murah kepada Anda daripada konsumen lain. Tetapi salah satu syarat untuk mendapatkan harga murah ini adalah harus membeli dalam jumlah yang cukup besar.

5. Bekerja di katering

Cara kelima untuk memulai bisnis katering adalah dengan bekerja di katering. Hampir semua katering tidak memiliki pelayan tetap. Mereka mencari pekerja lepas sebagai pekerja untuk mengurangi pengeluaran mereka. Jadi, jika Anda mendengar tentang lowongan sebagai pelayan dan mengambil kesempatan ini, Anda akan sangat terbantu karena Anda akan tahu lebih detail bagaimana bisnis Catering dapat berjalan.

6. Mencari teman

Tidak hanya mencari teman, tetapi mencari teman yang memiliki katering dasar. Dengan memiliki teman yang memiliki pangkalan katering Anda diharapkan bisa mengetahui seluk beluk dunia katering darinya. Untuk mendapatkan teman ini, Anda tidak selalu harus mengerjakan katering. Anda hanya perlu datang ke perayaan pernikahan, misalnya, untuk berkenalan dengan orang-orang baru yang bekerja di katering.

7. Mempelajari cara tawar menawar

Jika di lapangan Anda juga tidak mendapatkan pemasok untuk membantu memenuhi bahan dasar katering Anda, yang harus Anda lakukan adalah mempelajari teknik berbelanja seperti tawar-menawar. Dengan teknik ini, kemungkinan Anda mendapatkan harga bahan dasar yang lebih murah akan sangat besar sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran Anda.

8. Media sosial

Sekarang media sosial adalah hal dasar yang harus dimiliki. Karena media sosial ini kita akan mengetahui perkembangan apa yang terjadi di komunitas tepat waktu. Seperti misalnya perkembangan tren mode, makanan, atau konsep acara. Dengan media sosial ini, Anda akan difasilitasi untuk menemukan ide sehingga konsep katering Anda menjadi lebih kaya. Selain itu, dengan promosi yang tepat, bisnis katering Anda akan cepat dikenali oleh publik.

9. Brosur

Meskipun membutuhkan modal yang cukup besar, membuat dan mendistribusikan brosur adalah cara lain yang harus Anda coba untuk mengiklankan bisnis katering Anda.

10. Dekorasi

Selain memasak, mendekorasi katering juga merupakan hal penting yang sering memiliki nilai tersendiri bagi katering. Semakin menarik dekorasi yang dibuat kemungkinan akan menarik pelanggan yang lebih besar juga. Salah satu tempat untuk mencari inspirasi untuk dekorasi ini adalah internet. Jadi usahakan Anda sudah mengenal internet untuk memudahkan kegiatan Anda dalam bisnis katering.

11. Harga

Harga adalah hal utama yang dipertimbangkan pelanggan Anda. Sebagai ‘pendatang baru’ Anda mencoba untuk tidak menetapkan harga yang terlalu tinggi sama dengan harga di katering lainnya. Jika memungkinkan, tetapkan harga yang lebih rendah dari katering serupa lainnya untuk menarik pelanggan. Apalagi jika pasar Anda adalah komunitas kelas menengah ke bawah. Harga rendah dan promosi yang sedang berlangsung adalah cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan.

12. Bekerja sama dengan bidang lain

Jika Anda ingin melakukan sesuatu, lebih baik bekerja bersama sebagai sebuah tim. Jadi, cari mitra untuk bisnis Anda. Seperti yang kita ketahui, bisnis Catering sangat erat kaitannya dengan fotografi atau videografi yang digunakan untuk mengabadikan momen bahagia dari acara pelanggannya. Jadi, cari mitra yang bergerak di bidang itu dan buat kerja sama sehingga bisnis katering Anda terlihat sangat lengkap.

13. Testimoni

Jika Anda sudah memiliki pelanggan dan mereka puas dengan layanan katering Anda, tangkap kata-kata mereka sebagai bukti bagi calon pelanggan Anda bahwa katering Anda adalah katering profesional dengan layanan yang memuaskan. Salah satu tempat Anda memasukkan kesaksian bisa melalui brosur.

14. Nama

Nama adalah hal yang paling penting untuk dimiliki. Karena namanya, maka gambar katering Anda akan tercermin dalam benak pelanggan Anda. Maka carilah nama yang memiliki kesan positif dan mudah diingat. Kata yang mudah diingat akan selalu terngiang di benak pelanggan Anda sehingga ketika mereka membutuhkan layanan katering lagi, nama itu akan diingat.

15. Tim pemasaran

Pemasaran adalah ujung tombak dari semua kegiatan bisnis. Tanpa mereka, sebuah bisnis akan tanpa pelanggan dan bahkan kemungkinan untuk menutup pintu di usia muda sangat mungkin. Agar tidak terjadi pada katering Anda, rekrut orang-orang yang memiliki dasar sebagai pemasaran yang akan mengurus semua pemasaran bisnis katering Anda. Jika memang untuk merekrut mereka terkena biaya, latih kerabat yang memiliki keterampilan bicara yang baik untuk menjadi tim pemasaran Anda.

16. Penciptaan dan Inovasi

Meskipun bisnis katering Anda mencakup katering baru bukan berarti Anda tidak bisa menjadi kreatif. Penciptaan dan inovasi adalah hal-hal penting yang harus selalu diperhatikan dan dilakukan agar pelanggan Anda tidak bosan. Tanpa inovasi dan kreasi, katering Anda akan dinilai membosankan atau monoton sehingga pelanggan akan mencari katering lain.

Itulah cara untuk memulai bisnis katering yang dapat Anda jadikan panduan jika Anda ingin memulai bisnis katering ini. Sukses atau tidaknya tergantung management anda karena bisnis ini akan terus berkembang sama layaknya situs judi seperti https://www.betberry.win. Semoga bermanfaat.